I Fine Thank You Love You: Belajar Bahasa Inggris Tidak Pernah Sesulit ini

giaitri.vnexpress.net

Judul film: I Fine Thank You Love You

Sutradara: Mez Tharatorn

Genre: Romance, Comedy

Release date: 21 Januari 2015 (Indonesia)

Theater: Blitzmegaplex dan Cinemaxx

Popularitas film Thailand beberapa tahun terakhir ini sangat luar biasa di Indonesia. Hype film-film Negara Gajah Putih ini mungkin karena munculnya film-film drama komedi romantis yang cukup bagus seperti “Hello Strangers” (2010), “Crazy Little Thing Called Love” (2010), “Suckseed” (2011), “ATM: Er Rak Error” (2012), “Bangkok Traffic Love Story” (2009)  dan “Seven Something” (2012). Film-film drama Thailand sangat mirip dengan Film drama buatan Korea Selatan. Mulai dari alurnya, karakter pria bodoh – karakter wanita cantik (bisa dibolak-balik, sesuai kebutuhan cerita hehe) hingga memiliki ending yang ujungnya hanya dua, kalau tidak happy ending ya sad ending. Dengan tone yang sama seperti film-film Thailand di atas, I Fine Thank You Love You dibuat tahun lalu dan untungnya masih tetap seru, menghibur dan kualitasnya tidak kalah bagus seperti sebelumnya. Seperti apa menariknya I Fine Thank You Love You ini?

Cerita

Gym (Sunny Suwanmethanon) diputuskan oleh pacarnya yang bernama Kaya (Sora Aoi) karena Kaya harus pindah ke Amerika Serikat untuk bekerja. Dengan sangat kesal, Gym menemui guru les bahasa inggris Kaya yang bernama Pleng (Preechaya Pongthananikorn) karena Pleng dianggap bertanggung jawab membuat Kaya memutuskan dirinya. Gym kemudian meminta Pleng untuk mengajarinya bahasa Inggris agar ia bisa sukses mengikuti interview dan diterima bekerja di Amerika Serikat sehingga ia dan Kaya bisa kembali bersama. Selama mengajari Gym bahasa Inggris, Pleng secara perlahan jatuh cinta kepada Gym namun, di sisi lain Gym juga masih mencintai Kaya dan berkeinginan untuk mengikuti Kaya ke Amerika Serikat. Berhasilkah hubungan cinta antara Pleng dan Gym? 

Opini

Who is the founder of this company? DORAEMON (I Fine Thank You Love You)

Hahahaha

Alasan mengapa saya tertawa adalah I Fine Thank You Love You benar-benar sebuah film komedi yang tidak berhenti membuat kelucuan. Mulai dari susahnya Pleng mengajari Gym berbahasa Inggris, joget-joget gak jelas yang sangat aneh untuk dilihat hingga mengeksploitasi kelemahan sesorang. Meskipun saya merasa sangat aneh melihat karakter Gym yang terlalu bodoh karena sama sekali tidak mengerti bahasa Inggris apalagi ini udah zaman globalisasi namun, pembawaan Sunny dalam memerankan karakter Gym memang benar-benar sangat natural bodohnya ketika mencoba berbahasa Inggris di film ini.

Komedi-komedi dalam I Fine Thank You Love You sangat berbeda dengan film-film Thailand sebelumnya. Film ini lebih vulgar dalam mengeksploitasi kebodohan dan kelemahan seseorang. Kita bisa melihat bagaimana tidak bisanya Gym mengucap kata H dalam bahasa inggris, adegan mabuk dan muntah teman Gym dan belum lagi ketika ada seorang teman Gym yang tidak mengingat salah satu huruf dalam bahasa inggris dan akhirnya dihukum dengan memasukan kembang api ke bokongnya.

Eksploitasi jorok dan vulgar sangat banyak di film ini dan hal itu dijadikan bahan dasar dari beberapa bahan lawakan film ini seperti; kotoran manusia yang menempel di baju, payudara wanita yang disebut Gym sebagai manggo (mangga) hingga ada adegan memfoto celana dalam Pleng yang dilakukan oleh murid-murid sekolah. Hal-hal di atas akan sangat tidak cocok dengan budaya indonesia bahkan di Asia Tenggara yang kadang sok moralis dan penuh tata krama namun, komedi – komedi dengan gaya seperti ini ini banyak dilakukan di film-film Hollywood. Sepertinya I Fine Thank You Love You memang ingin keluar dari norma kesusilaan yang ada melalui komedi-komedinya. Meskipun komedinya vulgar dan Jorok, film ini tetaplah film yang sangat menghibur dan sukses membuat tertawa. ups.

olaphim.org

I Fine Thank You Love you tidak hanya berisi tawa tapi juga tentang kisah yang romantis antara Gym dan Pleng. Pengembangan dua karakter yang akhirnya sama-sama menyukai satu sama lain ini cukup bagus dari awal sampai akhir. Gym yang awalnya menganggap Pleng sebagai guru les bahasa Inggrisnya bahkan tidak menganggap dan tidak berpikir bahwa ia bisa jatuh cinta kepada Pleng, bahkan ia sangat kesal pada Pleng karena telah membiarkan Kaya meninggalkan dirinya. Di sisi lain, Pleng jatuh cinta kepada Gym karena Gym selalu ada untuk dirinya, ketemu juga tiap hari sih yaaa, juga karena Gym sangat orangnya sangat sederhana dalam mengungkapkan perasaannya meskipun saat itu Pleng juga menyukai seorang pria yang menurutnya sempurna dan romantis namun pada akhirnya Pleng tetap memilih Gym.Jalinan kisah cinta film ini memang klise, awalnya tidak suka tapi berujung saling suka, yah seperti formula film-film drama ya gak?!.

Salah satu moment romantis di film ini adalah ketika Pleng dan Gym bersama-sama di sebuah acara ditemani oleh lagu “Walk You Home” yang dinyanyikan oleh Susasri Ittikul, hingga di saat itulah mereka berdua akhirnya mengetahui bahwa mereka saling mencintai.

Di film I Fine Thank You Love You juga ada penampilan dari Sora Aoi, iya yang bintang film Japan Adult Video itu, yang meskipun aktingnya biasa saja namun bisa memiliki peran cukup banyak di sebuah film Thailand daripada di Indonesia cuman jadi pemuas nafsu dan bahan promosi buat “Suster Keramas 2” (2011). Hal unik lainnya di film ini adalah sebenarnya judul film ini ditulis “ai fai Thank You Love You” Ai fai berarti you are a buffalo yang dalam bahasa Thailand berarti kamu bodoh, hal ini merujuk ke Gym yang tidak bisa berbahasa Inggris. Film ini mungkin juga mengejek bangsa Thailand yang tidak bisa bahasa inggris karena melihat teman-teman kerja Gym yang sama bodohnya dalam berbahasa Inggris seperti Gym. Di sisi lain, film ini juga bilang; “ngapain sulit-sulit belajar bahasa Inggris karena yang orang asing pun malah bisa berbahasa Thailand”, hal itu terlihat ketika Gym mendapat tugas dari Pleng untuk berbicara dalam bahasa Inggris dengan orang asing, tapi malah orang asingnya bisa bahasa Thailand dengan lancar.

Kesimpulan

I Fine Thank You Love You masih sama seperti film komedi romantis Thailand sebelumnya namun dengan komedi yang lebih jorok dan vulgar. Simak juga jalinan kasih Gym dan Pleng yang sangat romantis di film ini. Film ini direkomendasikan untuk orang-orang yang membutuhkan hiburan ditengah lelahnya beraktivitas ataupun sedang sedih karena film ini membuat tertawa sejak awal mulainya. Juga film ini direkomendasikan untuk yang suka dengan film-film komedi romantis. Film ini sangat sayang untuk dilewatkan karena benar-benar sangat menghibur.

Score: 8 of 10

PS: Perut sampai sakit karena banyak tertawa di film I Fine Thank You Love You.  DORAEMON!!!

Advertisements

5 thoughts on “I Fine Thank You Love You: Belajar Bahasa Inggris Tidak Pernah Sesulit ini”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s