Spider-Man telah kembali ke Marvel

marvel.com

Satu bulan lalu saya membuat sebuah tulisan mengapa Spider-Man harus kembali kepada Marvel (silakan baca: segera kembalikan Spider-Man kepada Marvel). Pada hari ini, Marvel mengumumkan kepada publik bahwa Pihak Sony dan Marvel sudah menemui kata sepakat dan sebuah jalan tengah untuk film Spider-Man dan juga untuk kehadiran Spider-Man di Marvel Cinematic Universe. Seperti apa deal Sony dan Marvel? Coba kita lihat.

Yes!  bagaikan Matahari yang datang ketika musim hujan terus menerus-menerus, akhirnya Spider-Man berhasil dipulangkan oleh Marvel. Namun, kepulangan Spider-Man ke Marvel tidak sepenuhnya kembali, karena Sony masih memiliki hak dalam kepemilikan Spider-Man. Jangan lupa, Sony membayar Marvel tujuh juta dollar pada tahun 1999 untuk hak pembuatan film Spider-Man. Sony tentu saja tidak akan mau rugi karena Spider-Man franchise telah memberikan Sony keuntungan hingga 4 milyar dollar sejauh ini.

Bentuk kerjasama antara Sony dan Marvel untuk film Spider-Man sendiri adalah Spider-Man akan di co-produced oleh tim Marvel yang dipegang oleh Kevin Feige (presiden studio film Marvel) dan Amy Pascal dari Sony yang telah membuat film-film Spider-Man sejak 13 tahun yang lalu. Jadi, Feige dan Pascal akan berkolaborasi dalam membuat film Spider-Man yang direncanakan untuk muncul pada 28 Juli 2017. Meskipun begitu, Sony tetaplah pemilik, pemberi dana, distributor dan pemberi keputusan kreatif terakhir pada film Spider-Man nantinya.

Sepertinya Sony masih memegang banyak di Spider-Man ya kalau melihat hal seperti di atas. Tapi, yang dimiliki oleh Marvel sebenarnya lebih precious pada deal Sony dan Marvel ini karena Marvel dapat mengintegrasikan Spider-Man ke dalam Marvel Cinematic Universe miliknya. Woohoo. Artinya Spider-Man akan muncul di film-film Marvel nantinya. Saya menebak Spider-Man akan muncul dalam Captain America: Civil War yang direncanakan rilis pada 6 Mei 2016, well karena kita semua tahu betapa pentingnya karakter Spider-Man di event Civil War Marvel makanya sayang banget kalau Spider-Man tidak ada didalamnya. Dalam deal antara Sony dan Marvel ini sepertinya, Marvel mau memuaskan penontonnya dengan memasukan Spider-Man ke dalam Marvel Cinematic Universe milik mereka. Jangan lupakan juga, Spider-Man adalah salah satu anggota The Avengers, jadi kemungkinan ia akan muncul di film Avengers: Infinity Wars yang akan rilis pada tahun 2018 dan 2019. Pada akhirnya kita bisa melihat The Avengers secara lengkap. Thanks Marvel for bring Spidey home.

Tanggal rilis film Spider-Man terbaru adalah 28 Juli 2017 yang itu artinya akan membuat perubahan untuk tanggal rilis beberapa film Marvel yang akan tayang. Pada awalnya, 28 Juli 2017 adalah milik Thor: Ragnarok, yang akhirnya diundur menjadi 3 November 2017. Berikut tanggal rilis terbaru film-film Marvel:

  • Thor: Ragnarok – 3 November 2017
  • Black Panther – 6 Juli 2018
  • Captain Marvel – 2 November 2018
  • Inhumans – 12 Juli 2019

Sementara itu, tidak ada perubahan untuk The Avengers: The Infinity War Part 1 (4 Mei 2018) dan The Avengers: The Infinity War part 2 (3 Mei 2019).

Kesimpulannya, keputusan Marvel dan Sony ini adalah keputusan win-win solution untuk keduanya. Tidak ada lagi desakan kepada Sony untuk memberikan Spider-Man kepada Marvel dan untuk Marvel memliki keuntungan karena bisa melengkapi karakter The Avengers dalam Marvel Cinematic Universe milik mereka. Well done.

Sumber:

Marvel.com 

Marvel.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s